Powered By Blogger

Rabu, 06 Oktober 2010

PERUBAHAN

Perubahan adalah awal dari pembelajaran manusia untuk menjadi manusia yang lebih baik. Tapi tanpa adanya kesempatan untuk berubah manusia tidak akan dapat berubah.

Setiap manusia punya cara tersendiri untuk berubah. Ada yang dengan cara mencari kesempatan, meminta orang menilainya hingga merubah karakter diri sendiri dan berbagai cara lainnya.

Tapi apakah perubahan itu suatu hal yang penting untuk di lakukan. Karena terkadang banyak orang yang ingin berubah hanya dapat memimpikannya saja. Tapi terkadang banyak juga orang yang berubah tanpa di sadari oleh dirinya sendiri.

Salah satu cara yang terbaik untuk berubah adalah dengan menghancurkan dinding masa lalu yang kelam lalu membangun jalan yang dapat di gunakan untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

Setiap manusia banyak yang tidak menyadari, bahwa orang lain itu harus di beri kesempatan untuk berubah. Tetapi mereka hanya melihat kesalahan yang telah dilakukan orang itu. Kenapa orang menilai seseorang dari kesalahannya yang di masa lalu. Apakah manusia sekarang ini hanya dapat melihat masa lalu. Jika semua orang seperti itu maka buat apa ada kebersamaan yang terjalin antar semua manusia. Pendapat seperti itu memberi anggapan bahwa orang semua orang yang di masa lalu mempunyai salah maka dia akan selamanya bersalah atas kesalahannya. Begitukah manusia itu.

Padahal manusia adalah makhluk yang mempunyai kemampuan untuk melihat kedepan dan membayangkan masa depan yang akan kita lalui atas apa yang kita lakukan. Tetapi bukan untuk melihat suatu kesalahan masa lalu yang hanya akan membawa keterpurukan bahkan dapat membuat semakin terpuruk ke dalam lubang hitam masa lalu.

Benar kehidupan yang kejam. Berarti lebih baik binatang yang hanya berfikir untuk menghidupi dirinya sendiri dari pada manusia yang cerdas. Beban mereka tidaklah berat, di bandingkan orang2 yang teraniaya oleh keterpurukan masa lalu. Pegitu pahit hidup ini bila terbelenggu dalam keterpurukan tanpa rasa manis dari kebahagiaan.

Ingatlah satu hal yaitu........

TIDAK AKAN ADA PERUBAHAN PADA DUNIA INI, BILA TIDAK ADA PERUBAHAN DARI MANUSIA YANG ADA DI DALAMNYA. TIDAK AKAN ADA MANUSIA YANG BAHAGIA, JIKA TIDAK DI BERI KESEMPANTAN UNTUK MERUBAH DIRINYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar